Calon Haji Asal Blora Mulai Diberangkatkan

ilustrasi foto keberangkatan haji, dokumentasi oleh detik.com

ilustrasi foto keberangkatan haji, dokumentasi oleh detik.com

HARIAN SOLO, Solo – Sebanyak 666 Jemaah calon haji (calhaj) asal Blora mulai diberangkatkan hari ini, Jumat (27/9). Mereka terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni kloter 40, 41, dan 42. Sehari sebelumnya mereka telah melaksanakan latihan Manasik Haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Masing-masing kloter akan didampingi oleh 5 petugas. Untuk hari ini dua kloter dari Blora sudah diberangkatkan, pada pukul 7 pagi dan 11 siang. Sisanya besok bersama dengan calhaj dari Kudus.” Jelas salah seorang penjaga asrama mewakili Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Tahun 1434 H/ 2013 M.

Sebelumnya, para calhaj telah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan. Bagi calon haji yang diketahui masuk dalam kategori risiko tinggi dipisahkan dari rombongan dan diberi penanganan khusus. Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan pengecekan paspor, pembagian gelang identitas dan biaya hidup selama di Tanah Suci.

Pemberangkatan jemaah calhaj Embarkasi Solo sendiri tahun ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama terdiri dari kloter 1-36 telah diberangkatkan ke Arab Saudi pada 9-23 September lalu. Sementara gelombang II ditandai dengan diterbangkannya jemaah kloter 37 dari Jepara pada tanggal 24 September dan diakhiri dengan keberangkatan kloter 71 pada 9 Oktober. (Primayanti Mukti Ani)

Editor: Stefanus Aditya

Leave a comment